Hotelicious Trapped in the Hotel

by - Sabtu, November 30, 2013



Hotelicious, Trapped in the Hotel
Anna Swan
Bentang Pustaka, 217 hal
Pameran buku Indo Book Fair-Istora Senayan


Jalan cerita:

Anna seorang pekerja hotel yang memulai karir dari awal sekali sebagai trainee di sebuah hotel di Bali bernama The Grand Beach. Hotel yang lebih mengutamakan keramahan dan layanan bagi tamu-tamu asing  ini sangat membantu Anna dalam mengasah kemampuan  yang berhubungan dengan profesinya sebagai front liner juga bahasa Inggrisnya. Berbagai suka dan duka telah dirasakan hingga pindah bekerja di hotel lain, Royal Surabaya.





Ulasan :


Sebagi orang awam tentang dunia perhotelan, buku ini sangat memberi wawasan yang sangat berguna tentang apa dan bagaimana kehidupan orang hotel itu sendiri. Tak banyak orang yang bersedia membagi cerita tentang isi perut dunia kerjanya kecuali buku ini. Menurut saya kisah-kisahnya menarik dan berguna karena selain berbagi cerita, penulis juga memberikan wawasan dengan istilah hotel yang kadang menyesatkan. Semisal istilah tentang bellman atau porter yang arti harfiah nya adalah tukang panggul kopor, namun di wilayah hotel profesi ini menjadi mentereng karena kopor dibawa dengan menggunakan troli sangkar.

Kelucuan demi kelucuan juga ditampilkan manakala bersinggungan dengan komunikasi, terlebih lagi dengan tamu yang tak bisa berbahasa Inggris atau hal remeh lainnya. Secara keseluruhan kisahnya sangat membumi dan apa adanya. Tak ada niat untuk menambahi atau memperbesar suasana  menurut saya. 
Sayangnya, kisah yang saya ikuti ini agak terhambat karena ada beberapa halaman yang kosong melompong. Mungkin ini adalah tanggung jawab penerbit dan seharusnya sudah bukan jamannya lagi buku yang terbeli dalam keadaan terbungkus plastik ini memiliki cacat produksi sebegitu banyak  -7 lembar!


You May Also Like

0 komentar