The Journey 3 : Yang Melangkah dan Menemukan

by - Friday, September 12, 2014



The Journey 3
Yang Melangkah dan Menemukan
Alexander Thian dkk
Gagas Media, 382 hal
Jakarta Book Fair -Istora




Ulasan:


Cerita tentang perjalanan beserta peristiwa yang mengiringinya selalu menarik untuk disimak. Banyak pengalaman yang bisa diambil dan dijadikan pelajaran hidup.  Ada kisah-kisah yang tak bisa diperkirakan dan mengesankan dan tak larut dikenang. Sebagaimana sebuah perjalanan, Cerita tentang traveling itu sendiri sebenarnya mampu menularkan semangat untuk jalan-jalan, itu kalau disuguhkan dengan sangat menggugah seperti yang diceritakan dalam buku The Journey 3 ini. Menurut saya, selain kosa kata yang menarik dan latar belakang penulis yang beragam, hampir semua penulis di buku ini menguasai apa yang hendak disampaikan. Bila kisah tentang penyelaman yang ditonjolkan, maka penulis akan secara detail menceritakannya sampai jenis-jenis terumbu karang yang ia temui. Banyak kisah yang bisa dijadikan renungan.




Saya tak menaruh salah satu lebih bagus di antara yang lain, tapi kalau mau dibilang favorit, kisah yang menginspirasi adalah kisah yang mampu membuat saya membayangkan tempat dan rasa yang dialami penulisnya. Saya menyukai cerita Lucia Nancy saat berjalan-jalan ke Papua. Daratan yang tak semua orang bisa menginjaknya. Kawasan paling timur yang eksotis. Atau tentang kisah Berhenti Sejenak-nya Hanny Kusumawati yang mengedepankan hubungan antar manusia di suatu wilayah bernama Santorini, Yunani. Selain pemandangannya unik, saya bisa bayangkan Santorini adalah tempat yang takkan terlupakan karena warganya yang membuat nyaman. Atau kisah Farid Gaban yang bertualang di kedalaman laut di Indonesia. Sesuatu yang terdengar biasa, namun penulis mampu mendeskripsikan kondisi bawah laut yang misterius sekaligus sisi manusiawinya yang awalnya takut untuk menyelam.

Daya tarik buku ini bukan hanya soal jalan-jalan dan nama penulisnya yang sudah tak asing lagi namun tata bahasanya yang sangat elegan, baik, rapi, teratur dan mudah dipahami. Kadang semenarik apa pun bukunya kalau kosa kata sudah tak rapi, pandangan saya langsung jatuh terhadap buku tsb. Well, buku petualangan perjalanan ini sangat menyentuh, menarik dan bagus.





You May Also Like

0 komentar