Sepuluh Sampul Buku Terbaik 2014

by - Wednesday, December 31, 2014



Seperti yang pernah saya lakukan setahun lalu, kali ini saya akan memilih kembali beberapa sampul buku yang menurut saya paling oke sepanjang tahun 2014 dan yang sudah pernah saya baca tentunya. Buku-buku yang saya baca biasanya punya daya tarik tertentu yang membuat saya tergiur untuk membelinya. Kadang hanya didorong oleh sampul bukunya saja yang terlihat menarik dan indah di mata. Kadang oleh tampilannya yang unik, lain dari yang lain. 

Nah, dalam memilih sampul buku ini kadang saya gak pakai aturan yang mengikat. Suka-suka saja. Gak perlu pakai term and conditions. Mengalir saja. Oke, mari.

Berikut 10 sampul buku yang menarik di mata saya.



1. Titik Nol, sampul buku ini menurut saya paling menarik dan mengagumkan karena saya bisa merasakan betapa sulitnya mengambil foto untuk adegan ini. Selain ada keindahan tersembunyi pula komposisi warnanya. Pas dan inspiratif.




2.The Cuckoo Calling, sampulnya cukup 'terbuka' karena kalau mengacu pada genrenya yang kriminal, semestinya tampilannya rada misterius. Tapi ini justru ingin menguak tabir. Dominan warna hijau toska membuatnya terlihat tidak begitu seram dan menipu.




3. Maya, sampul buku ini bila diletakkan di rak buku akan terlihat menonjol karena ilustrasi tanaman berupa kantong semar membuatnya unik.



4. Dark Places, ada dua versi sampulnya, dan yang berupa akar pohon ini menurut saya jelas mewakili genrenya. Gelap, misterius, penuh rasa ingin tahu dan kelam.




5. 9 Dari Nadira, sampul ini benar-benar membuat saya terkecoh dalam arti menatap ilustrasi dan isi ceritanya ternyata tidak segamblang itu. Banyak simbol-simbol yang tersirat dan memiliki benang merah berikut filosofinya.



6. Kedai 1002 Mimpi, Dari segi artistik sampul ini biasa saja  malah terkesan ramai. Tapi dengan latar warna hitam cukup membuatnya lain sendiri. Corak font yang seakan menulis pakai kapur tulis cukup menarik di sisi lain.




7. The Journey 3, Warnanya yang dominan cokelat menyiratkan bahwa ini adalah buku tentang perjalanan ditunjang oleh telapak kaki dan peta dunia makin menegaskan tema bukunya. Sampul ini menurut saya sangat sederhana dan idenya menarik.




8. Amba, muncul dalam dua versi, sampul ini cukup melegakan dalam arti, dari sekian banyak yang saya baca, ada buku yang ilustrasinya berupa sosok wanita yang misterius ditambah nuansa kelam.. Di sebaliknya justru warna cerah terhampar. Ini kontradiksi tapi bagus. 






9. The Hunter, corak dari sampul ini mengingatkan pada komik-komik Jepang. Selain huruf kanjinya, sampul ini sukses memancing keingintahuan yang besar akan isinya. Ilustrasi kotanya pun menyiratkan demikian.




10. Autumn Once More, sebenarnya hal yang menarik dari sampul ini adalah ilustrasi pohonnya tapi karena warna merahnya menonjol, terlalu menyolok menurut saya maka dengan berat hati saya taruh sampul ini di urutan terakhir. Eye-catching tapi terlalu  menyalak dan menyilaukan.


Nah, sejauh ini kesepuluh sampul di atas adalah yang menarik dan terbaik di menurut saya. Masih ada buku atau novel lainnya yang juga bagus namun yang saya pilih ini cenderung membuat saya selalu senang memandanginya dan ingin membacanya sekali lagi.


You May Also Like

0 komentar