Malaikat Kegelapan

by - Thursday, December 10, 2015

 

 Angel of  The Dark
Malaikat Kegelapan
Tilly Bagshawe
Gramedia Pustaka Utama, 463 hal
Gramedia, Gandaria City


Sinopsis:

Detektif Danny Mc Guire adalah orang pertama yang menemukan pembunuhan ini. Bila bisa digambarkan jenisnya maka pembunuhan yang dihadapinya tergolong melebihi kata sadis. Sasarannya selalu pria kaya raya dan berhasil dalam bisnis serta beristrikan wanita muda. Dalam kurun waktu yang panjang, Danny telah berusaha memecahkan misteri hilangnya salah satu korban, istri korban Andrew Jakes yang bernama Angela Jakes.

Pencariannya nyaris menemui jalan buntu seandainya ia  tak bertemu dengan Matt Daley yang membeberkan adanya satu pembunuhan lagi yang tak terekspos dengan modus yang sama. Korban pria dibunuh sedangkan istri mudanya diperkosa.

Lantas siapakah Angela Jakes?




Ulasan :


Ada gelombang semangat saat membaca novel ini. Meskipun fiksi namun pengarangnya seolah menghadirkan kilasan peristiwa yang nyata. Latar cerita yang selalu berpindah-pindah mulai dari Amerika, Maroko, Paris, Hongkong, Bali dan India sungguh menambah keeksotisan cerita. Pengarangnya mampu meramu dan memilin secara rapi apa yang ingin ditutupi lalu dibuka di akhir cerita. Hampir kita tak bisa menduga kemana arah cerita ini bermain.

Meskipun ada alur yang meliuk-liuk tapi itu tidak membuat cerita seperti diombang-ambingkan ke sana kemari. Malah, saya merasakan gelora rasa ingin tahu yang kuat mengingat ide ceritanya benar-benar orisinil dan jujur saja saya belum pernah menemui pengembangan cerita seperti ini melalui film atau novel detektif lainnya.

Tak perlu teori yang njelimet untuk membuat kisah ini sangat dahsyat jalan ceritanya. Cukup dengan latar, waktu, dialog yang biasa dan pelaku yang sungguh rapi permainannya. Dibalik kesemuanya ada otak cemerlang dari sang pengarang yang mampu menjaga kerapihan pelaku dalam menjalankan aksi-aksinya.

Cuma ada satu kelemahan yang mungkin saja pembaca bisa langsung mudah menebak si pelakunya yakni pada saat Angela Jakes harus menghilang. Ini sepertinya kunci namun bisa juga menyesatkan.

Dalam novelnya kali ini Tilly menempatkan sosok protagonis wanita yang  rapuh. Dalam After the Darkness atau di novel-novel terdahulu, wanita digambarkan sangat kuat setelah mengalami cobaan. Sedangkan untuk kisah sekarang ini selain rapuh, daya pesonanya juga tidak diumbar. Sebaliknya pengarang lebih mengedepankan sosok pria yang diwakili detektif Danny untuk menyelamatkan tokoh wanitanya.

Penyelesaian memang segala-galanya namun plot cerita yang berkembang justru merupakan daya tarik utama kisah ini. Plot Danny dan Matt Daley seakan menjalin dan memisah seakan, akan ada masanya mereka berdua bekerja sama kembali menguak tabir sang wanita. Entah kapan.



You May Also Like

0 komentar