Lima Buku Terbaik 2017

by - Minggu, Desember 31, 2017



Tahun 2017 adalah masa yang sangat menyenangkan untuk kegiatan baca-membaca saya. Meskipun tidak terlalu ngoyo, tapi sebagian besar judul buku yang ingin saya baca baik yang best-seller ataupun yang biasa saja cukup kesampaian untuk dimiliki sekaligus dikoleksi. Menyenangkan bukan, bila keinginan untuk membacanya itu bersambut dengan ketersediaan bukunya sekaligus uangnya? 😅

Ada yang bagus, menarik, ada pula yang biasa banget jalan ceritanya. Namun demikian sepanjang tahun 2017 saya merasa pikiran dan jiwa ini menjadi lebih kaya oleh karena banyaknya bacaan yang bervariasi baik tema, jalan cerita, latar cerita atau judul yang saya pilih.

Tahun 2017 juga memberi saya kesempatan untuk membaca lebih banyak buku melalui layanan digital (bahasa Inggris) yang ternyata sensasinya berbeda sekali. Ada cerita yang bagus ada pula yang drama biasa saja.

Namun demikian, saya sangat puas dengan pencapaian yang diraih berkaitan dengan aktivitas membaca ini. Baiklah, dari dua puluh buku, saya hanya memilih lima saja yang menurut saya terbaik.

Ini pilihan saya.

1.Crazy Rich Asian - Kaya Tujuh Turunan, oleh Kevin Kwan



Awalnya saya tidak tertarik sama sekali dengan novel ini meskipun sudah ada embel-embel 'New York Best Seller', tetap saja saya selalu melewati rak yang berisi novel ini kalau jalan ke toko buku. Namun minat berubah dengan telak ketika saya melihat novel bagian keduanya. 'Wah, kalau ada sekuelnya berarti menarik nih, dan harus punya dulu novel pertamanya' pikir saya.

Dan, ternyata isinya  lebih dari sekadar cerita receh, kisahnya luar biasa menarik dan disajikan dengan nuansa ala orang kaya sekaligus membuai alam pikiran kita yang miskin 😁 singkatnya novel ini bagus sekali. Kagum saja tidak cukup, Lebih ke level di atasnya kagum.

2. China Rich Girlfriend - Kekasih Kaya Raya, oleh Kevin Kwan


Setelah meraba-raba lanjutan cerita di novel pertamanya, kemudian langsung disambung dengan novel ini seakan rasa dahaga ini terpuaskan dengan cepat. Isi cerita lebih kompleks, rumit, melebar ke mana-mana namun tetap tak bisa menghilangkan rasa kagum akan sebuah kenyataan bahwa kaya itu adalah takdir bagi sebagian golongan tertentu.

Masih penuh intrik dan jenaka, kisah lebih fokus pada sosok wanita dengan kondisi yang berbalik menjadi super kaya. Menarik bukan?

3. Proyek Maut , oleh Eddie Sindunata


Novel kriminal yang disajikan dengan gaya yang berbeda, artinya seluk-beluk sebuah institusi ditampilkan dengan gamblang mulai dari Mabes, kantor pengusaha, sosok penjahat bahkan jenis senjata yang digunakan. Alur ceritanya bagus tidak bertele-tele serta taktis. Novel ini kuat pada konteks pengarahan dan tindak lanjut. Pokoknya asyik diikuti dan tak perlu membuat kening berkerut. Serasa nonton film CSI ala Indonesia.

4. Inteligensi Embun Pagi, oleh Dee Lestari



Novel ini disamping berat karena membutuhkan daya pikir yang jernih juga bobot halamannya yang gak main-main, 400-an halaman! Dan cara membacanya pun harus memakai ilmu kesabaran. Sejatinya buku ini isinya lumayan bagus. Anak muda dipertemukan semua lalu bersatu mengusir musuh. Sebenarnya itu intinya.

Namun bagi sebagian pengarang, tak hanya soal cerita saja yang ditonjolkan. Ada kekuatan lain yang harus dijadikan tolok ukur bahwa sebuah  novel akan menjadi berkelas bila ada riset yang sangat mencerahkan. Dan ini semua didapat melalui novel ini. Gambaran masa depan dan manusia-manusia yang ada sungguh mencengangkan namun bisa diterima oleh akal.

5. The Eternal Wonder, oleh  Pearl S. Buck



Novel ini menyiratkan hidup kesepian yang dialami seorang pemuda. Ada masa-masa hidupnya yang penuh petualangan, dinamis dan penuh hentakan. Sebagai pembaca kita bisa menarik pelajaran bahwa hidup memang kadang  menyebalkan namun juga memberi tantangan yang tak dinyana mampu membuat terkenal dalam sekejap.

Sebuah novel sederhana namun dengan isi yang sangat mencerahkan pikiran.

Sebenarnya masih ada beberapa novel yang menurut saya menarik. Namun kelimanya adalah novel yang membuat saya terus saja kepikiran alias terbayang-bayang bahkan setelah beberapa hari menutup buku tersebut. Ada sensasi dan kesan yang tertinggal begitu lepas dari novel yang baru saja dibaca. Dan rasa itu didapat dari kelima buku di atas. Unik, keren dan memukau.

You May Also Like

0 komentar