Momentum: 18 Kunci Utama Penggerak Bisnis, Momentum di Era Digital

by - Monday, May 04, 2020


Momentum, 18 Kunci Utama Penggerak Bisnis
Hermawan Kartajaya
Editor: Edwin Hardi
Gramedia Pustaka Utama, 192 hal
e-book gratis program Ngabuburead Gramedia Digital


Sinopsis:


Apa yang diketahui dengan istilah momentum? Di buku ini dijelaskan tentang makna momentum secara harfiah dan kaitannya dengan dunia usaha. Ada 18 penjabaran tentang bagaimana cara menggerakkan bisnis disertai dengan studi kasus berbagai usaha di dunia yang sedang dan telah menikmati momentum baik yang berada di luar maupun dalam negeri. Ada yang gagal, salah dalam memanfaatkan momentum, ada juga yang berhasil dan sukses.

Sebanyak 18 kunci penggerak bisnis yang sangat penting dan harus kita ketahui bila kita ingin lebih memajukan bisnis kita meskipun kita tak tahu apa dampak dari memanfaatkan momentum, apakah akan mendulang untung atau buntung, karena sekali kita kehilangan momentum, alamat customer tak bisa lagi menoleh ke bisnis kita.

Hermawan Kertajaya adalah sosok yang tak perlu diragukan lagi dalam membahas berbagai kemungkinan-kemungkinan baik atau yang terburuk sekalipun bila membahas tentang bisinis. Pengalamannya yang panjang sebagai praktisi dan tokoh pemasar top mampu menelaah berbagai celah dan ruang untuk memperbesar cuan, diantaranya adalah momentum. Bisa dibilang pelaku usaha yang mampu menangkap momentum dengan tepat akan membawa keberhasilan yang lebih baik.


Ulasan:

Dari ke-18 elemen kunci penggerak bisnis, yang menurut saya paling bisa dipelajari di masa kini adalah momentum di era digital. Di bagian ini diberi contoh bagaimana seorang Raditya Dika yang mampu menangkap momentum dengan cepat dan tepat. Selain sebagai Stand Up Komedian, ia juga tahu bahwa para pengikutnya dan sebagian besar orang Indonesia menyukai kisah mistis. Tak perlu menunggu lama, ia pun membuat akun Youtube khusus untuk membahas dunia mistis. Dan momentum ini berhasil. Akun Youtubenya yang selalu bercerita tentang kisah seram ini sukses memperoleh tanggapan luas.

Dunia digital bukan lagi hal yang asing bagi kita. Bahkan saking akrabnya kita menjadi sangat tergantung oleh keberadaannya. Setiap kita disuguhi makanan di restoran, kita pasti akan memotretnya dahulu sebelum diunggah ke sosial media. Dan jujur saja kita pasti akan mengharapkan orang untuk memberi respons.

Demikian juga dalam hal memperbesar jangkauan bisnis. Berbagai bidang bisa diciptakan dalam satu industri atau jenama. Namun hanya yang jeli dalam menangkap momentum saja yang bisa maju.

Buku ini selain memberikan kunci penggerak bisnis, juga dipaparkan berbagai contoh jenama terkenal di dunia baik yang kelas menengah atau luxury ditambah dengan berbagai permasalahan baik yang berhasil atau pun gagal dalam menjawab kebutuhan zaman.

Dalam melakukan sesuatu agar menimbulkan dampak yang besar, biasanya kita akan luncurkan sesuai dengan momentum yang sedang terjadi. Di dunia usaha, momentum adalah kata yang sakral untuk dipergunakan secara tepat karena bila meleset sedikit saja, alih-alih mendapatkan keuntungan, suatu produk justru akan menerima respons negatif atau malah menghancurkan produk itu sendiri.

"Untuk mendapatkan hasil yang optimal, semua harus dilakukan dalam momentum yang pas,"  hal xiv


Buku ini tidak sulit untuk dipahami karena kita akan selalu disuguhkan beberapa contoh usaha bisnis di setiap poin permasalahan. Memang akan selalu ada kegagalan alias buntung contohnya perusahaan komputer IBM yang gagal dalam memanfaatkan momentum karena salah dalam membaca situasi. namun industri yang sejati pasti akan bangkit untuk mencari kelemahannya dan memperbaiki segera. Apabila Anda adalah pelaku bisnis yang sedang ingin melebarkan pengaruh dari jenama yang dibuat, buku ini sangat penting dan harus menjadi pegangan wajib.



Selain memanfaatkan momentum, mengetahui saja rasanya belum cukup. Diperlukan inisiatif yang tepat agar dalam pengeksekusiannya lancar dan optimal. Intinya, mengasah diri agar dapat mengetahui kapan momentum itu datang ditambah kesiapan dalam semua lini pemasaran serta menciptakan momentum itu agar menjadi nyata dan sesuai dengan yang kita inginkan.


You May Also Like

0 komentar